27 November 2012

[OpenERP 6.1] Tidak bisa hapus account "Reserve Profit/Loss"

Bismillahirrahmaanirrahiim

Ceritanya saya sudah instal modul account dengan CoA general..
Lalu saya tambahkan CoA baru dengan proses import biasa..

Lalu saya mau ganti account Reserve Profit Loss Account di data setup perusahaan.
dengan CoA baru.
Awalnya kan account nya "Reserve Profit Loss" atau semacamnya deh..
Lalu saya mau ganti dengan account baru namanya "Ikhtisar R/L"

udah saya ganti...
lalu saya mau hapus deh account bawaannya OpenERP yaitu Reserve Profit Loss,
tapi gak bisa dengan warning berikut:

Warning !

You can not remove/desactivate an account which is set on a customer or supplier. 


Padahal tuh account gak ada di mana2,, saya cek di customer/supplier dll gak ada tuh yang pake account Reserver Profit Loss

akhirnya cek and ricek di source code account.py
ternyata account tersebut sudah teregister di tabel ir_property

Jadi, setiap input account Reserver Profit Loss di company setup, akan langsung teregister di tabel ir_property dengan name = "property_reserve_and_surplus_account"
artinya akan terus bertambah, bukan direplace property sebelumnya...
Saya belum cek, apakah ini bugs atau ada tujuan tertentu dari keadaan ini.

yaudah deh... delete aja dari tabel or_property tersebut langsung dari database, karena emang gak akan digunakan lagi..
habis itu baru hapus account tsb dari menu account (CoA).

Demikian.......
Semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. [REVISI] hmm kebiasaan jelek saya suka langsung hapus dari database, sebelum cari keberadaan menu yang ternyata ADA! hehe ... so hapus property tersebut dari menu aja yaa.. yaitu SETTINGS > CONFIGURATION > PARAMETERS > CONFIGURATION PARAMETERS

    BalasHapus